Tuesday, February 21, 2012

Tutorial Photoshop: Menghaluskan Kulit Wajah

Virus bermain edit foto menghinggapi lagi nih. Yuk ada yang mau ikutan mencoba tutorial photoshopkali ini? Buat kamu yang di dunia nyata punya jerawat, kulitnya kurang rata, atau kurang mulus jangan berkecil hati. Buatlah memukau di dunia digital. *bahasanyaaa…*
Oke aku asumsikan teman-teman sudah menyiapkan sebuah foto yang akan dibikin kelinci percobaan. Saranku sih ya foto yang lumayan cerah dan tidak terlalu memprihatinkan.  Setelah foto disiapkan, buka photoshop dan bilang “Mari kita perbaiki..” #terDora.
1. Buka foto yang akan diedit ke dalam Photoshop. Kali ini saya memakai photoshop CS2.
efek photoshop
foto model
2. Seperti biasa lakukan Duplicate layer untuk membuat backup agar layer foto utama tidak ikut diedit dengan menekan Ctrl+J.
efek photoshop
duplicate layer
3. Setelah duplicate layer, klik layer “background copy” sebagai tanda bahwa layer tersebut yang dipilih untuk diedit. Kemudian pada deretan menu bar di bagian atas, pilih Filter > Noise > Reduce Noise.
efek photoshop
menu filter

4. Muncul kotak dialog seperti di bawah ini dan setting angkanya seperti yang ditandai dengan warna merah. Strength:10, Preserve Details:0, Reduce Color Noise:0, Sharpen Details:0 kemudian klik OK
efek photoshop
reduce noise
5. Hasilnya pasti sudah kelihatan dan wajah menjadi halus. Namun belum selesai, karena di bagian mata bibir, rambut alis, dan lubang hidung ikutan menjadi halus dan ini menyebabkan kesan kurang kuat. Maka untuk tetap menonjolkan detail dan kesan kuat, pilih Erase Tools (E) dan sapukan di bagian mata, bibir, alis, lubang hidung dan rambut. Ukuran Erase Tools sesuaikan daerah yang ingin disapu.
efek photoshop
erase tools
6. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini dengan kulit yang lebih halus dan kesan yang tetap kuat pada detailnya.
efek photoshop
hasil akhir
7. Berikut saya sisipkan perbandingan sebelum dan sesudah diedit.
efek photoshop
before and after
Selamat mencoba temans!

No comments:

Post a Comment