Thursday, April 5, 2012

Menggabung beberapa foto jadi satu dengan Layer Mask

Menggabung beberapa foto menjadi satu dengan Layer Mask adalah teknik Photoshop yang banyak disenangi oleh kalangan Professional. Untuk contoh dalam Blog ini memang tidak terlalu bagus, karena saya tidak ada stok foto bagus  yang bisa dipakai. Jadi yang saya utamakan adalah cara membuatnya, silahkan dikembangkan sendiri.

Buka Foto yang akan digunakan dengan open


Layer Mask 1

Layer Mask After








Cari foto yang akan digabung dengan foto ini, saya pilih sebarang foto untuk latar belakang (background) sebelah kanan dahulu.

Layer Mask 2

Klik pada Move Tool move-tool, arahkan dari foto untuk background (Layer Mask 2), ke foto pertama (Layer Mask 1), sehingga foto background menutupi foto pertama.

Layer Mask 3

Klik Layer > Layer Style pada Blend mode pilih Normal, Opacity sesuaikan sampai foto utama yang ditutupi foto background terlihat. Seperti contoh dibawah ini.
Layer Mask 1

Layer Mask 5

Klik add layer mask, kemudian Klik pada Gradient Tool gradient-tool, tarik dari kanan ke kiri sampai sebatas yang ditentukan ( lihat Layer Mask 4 )


Layer Mask 6



Kembali lagi Klik Layer > Layer Style pada Blend mode pilih Normal, Opacitykembalikan lagi menjadi 100%. Hasilnya seperti (Layer Mask 6)

Pilih Foto lagi untuk Background sebelah kiri foto utama, caranya sama dengan diatas hasilnya seperti dibawah ini.
Layer Mask 7

Finish

No comments:

Post a Comment