Thursday, April 5, 2012

Cross Screen Effect

Cross Screen Before

Cross Screen After

Untuk membuat Effect Cross Screen, Fotografer memakai tambahan filter didepan lensanya, karena filter itu dilapisi lapisan seperti saringan yang bersilang mungkin, makanya disebut filter Cross Screen.

Pertama bukalah foto yang kurang lebih ada titik2 seperti diatas, atau wajah dengan perlengkapan kecantikan yang bersinar, tetapi kurang menonjol, bisa digunakan cara ini.

Cross Screen 1

Klik Ctrl+J untuk membuat Duplikat Layer, atau klik Layer > Duplicate Layer

Klik Image > Adjustment > Level


Cross Screen 2



Ubah Level hingga terlihat sinarnya aja. ( Cross Screen 2). Setelah diubah klik OK

Atau kalau tidak suka pantulan ( bayangan)  sinar diair itu nampak Cross screen, bisa dihapus menggunakan Brush Tool warna hitam.

Lanjutkan dengan Klik Filter > Blur > Motion Blur


Cross Screen 3



Angle= -45, Distance= 180 pixels. Sinar tadi akan terlihat kabur pada sudut -45, nanti akan buat lagi Duplicate layer untuk sinar pada sudut berlawanan sehingga membentuk bintang yaitu pada sudut 45.

Setelah klik OK, sinar dari hasil Motion Blur kurang jelas, untuk itu kita lanjutkan lagi.

Klik Image > Adjustment > Level


Cross Screen 4



Input Levels saya atur 0/ 2.66/ 255 sehingga sinar hasil Motion Blur tadi lebih terang atau jelas. Untuk mebuat lebih realistis lagi, dan ujung-ujungnya lebih tajam dan lebih panjang, Klik Ctrl+ F sebanyak dua kali.

Cross Screen 5

Hasil dari Ctrl+F (Cross Screen 5). 


Cross Screen 6[/caption]



Ubah Layers Mode menjadi Screen.


Cross Screen 7



Ini hasilnya baru sinarnya satu sisi aja, belum jadi bintang, jadi yang satunya buat sendiri, caranya sama dengan diatas . Hasilnya akhir  pada gambar diatas ( After )

No comments:

Post a Comment